Pada Pesta Pendidikan tahun 2017 ini, Aethra Learning Center tergerak untuk membagikan mimpi kami, yakni untuk meningkatkan awareness akan pentingnya kesehatan psikologis pada masyarakat Indonesia.  Sebagai sebuah biro pengembangan sumber daya manusia yang berbasis ilmu psikologi, kami percaya bahwa kesehatan psikologis merupakan faktor penting untuk mencapai kesuksesan. Tanpa didukung kondisi psikologis yang sehat, seseorang tidak akan mampu menggunakan kompetensi dan keahliannya untuk bekerja dan berkarya.

Sayangnya kesehatan psikologis sering kali masih kurang diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Kesehatan psikologis masih dianggap sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan dengan orang lain. Buktinya, sebagian besar masyarakat Indonesia masih menolak untuk pergi ke psikolog untuk bercerita megnenai masalah yang sedang dihadapi. Mereka khawatir masyarakat akan menilai mereka sebagai orang yang tidak waras.

Kesehatan psikologis juga sering kali kurang diperhatikan oleh institusi pendidikan dan perusahaan. Kesehatan psikologis sering kali dianggap sebagai urusan pribadi masing-masing. Padahal kita sudah sering mendengar berbagai kasus mengenai siswa yang memiliki prestasi tinggi namun pada akhirnya memutuskan untuk bunuh diri.  Hal ini mungkin dapat terjadi karena selama menempuh pendidikan anak dituntut untuk berprestasi tinggi, anak harus menghabiskan banyak waktu untuk belajar dan mengikuti berbagai macam bentuk kursus yang dianggap mampu untuk menunjang kesuksesan di masa depan. Anak kurang memiliki waktu untuk bermain, bersosialisasi dengan teman-teman sebaya dan melakukan hobinya. Pada akhirnya anak tidak dapat menikmati masa sekolah dan merasa kurang bahagia. Padahal perasaan bahagia menimbulkan motivasi (dorongan) internal untuk terus belajar tanpa perlu disuruh dan dipaksa. Jika anak merasa bahagia, ia akan dapat menikmati proses belajarnya dan terdorong untuk belajar dengan sendirinya.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kebahagiaan dalam hidup adalah dengan menciptakan meaning pada hal-hal yang kita kerjakan. Misalnya, pada proses belajar mengajar di sekolah, guru dapat menekankan pentingnya pelajaran sejarah atau matematika melalui berbagai cerita yang menunjukan aplikasi nyata dan manfaat yang bisa mereka dapatkan setelah mereka mempelajari ilmu tersebut.  “Apa manfaat bagi saya? Kenapa saya harus duduk di kelas ini untuk mempelajarinya?” , merupakan pertanyaan-pertanyaan yang harus dapat dijawab di awal kelas.

Last but not least, menyebarkan dan meyakinkan masyarakat mengenai pentingnya kesehatan mental tentunya bukan merupakan hal yang mudah. Paradigma mengenai lebih pentingnya prestasi dibanding kesehatan psikologis masih sangat kental di masyarakat. Oleh karena itu, Aethra Learning Center ingin mengajak para peserta Ngobrol Publik  dan semua peserta di Pesta Pendidikan 2017 untuk bersama-sama menyuarakan pentingnya kesehatan psikologis dalam usaha mencapai hidup yang berkualitas.

 

“Even the smallest act of caring for another person is like a drop of water,

it will makes ripples throughout the entire pond.”

-Bryan Matteo

aethra-pekan-bandung-5 aethra-pekan-bandung-6