Inibudi.org hadir merayakan rangkaian roadshow Pesta Pendidikan di kota Bandung pada akhir pekan yang lalu. Kami turut berpartisipasi dalam salah satu Ngobrol Publik dengan tema “Guru Kreatif masa Depan”.

Bertempat di kampus Universitas Pendidikan Indonesia, Gedung Pasca Sarjana, Inibudi memulai workshop pada pukul 08.30 pagi. Peserta yang hadir cukup beragam, mahasiswa, guru SMP, guru SMA, guru Kejar Paket C, guru Home schooling sampai guru yang berasal dari kota Pekalongan pun hadir mengikuti kegiatan ini.

Dibuka oleh Ibu Nadhilla, salah seorang Freelance Teacher begitu Ia menyebut dirinya, berbagi cara berhitung dengan menggunakan gerakan tubuh. Caranya sangat menarik dan bisa menjadi inspirasi kreatif untuk guru guru lainnya. Kemudian salah satu guru Pamong Belajar Kejar Paket C, berbagi pengetahuannya tentang cara mengajarkan orang dewasa buta huruf untuk membaca. Strategi yang digunakan oleh beliau adalah dengan menyebutkan setiap huruf dalam kata disertai dengan gambar konkrit benda tersebut.

Mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan ini, Vidya salah seorang mahasiswa UPI dari fakultas Bahasa Inggris dan Intan berasal dari fakultas Psikologi, terlibat dalam pembuatan video belajar dengan menyampaikan materi percakapan dalan bahasa Inggris untuk kelas SMP dengan topik “Certainty”. Gaya bicara dan gerak tubuhnya membuat video pelajaran conversation about certainty menjadi menarik untuk disimak.

Kegiatan berlangsung terasa cepat, peserta begitu bersemangat membuat skrip dan ingin membuat video pelajaran. Beberapa mungkin terlihat sungkan tapi ketika di depan kamera semua berjalan sangat lancar. Salah satu contohnya adalah Bapak Risa dan Bapak Akram, keduanya adalah guru Bahasa Indonesia di kota Pekalongan, menyampaikan materi tentang cerita Fabel dan langkah-langkah menyusun tulisan.

Waktu tidak terasa sudah berakhir pukul 11.45. Beberapa video pelajaran yang mereka buat menjadi salah satu bukti bahwa guru adalah inspirator bagi guru yang lain. Kami semangat untuk bertemu dengan guru guru di daerah lainnya dan menemukan lebih banyak strategi  kreatif dalam menyampaikan pelajaran.

Terimakasih Bandung, sampai bertemu lagi!!

inibudi-pekan-bandung-2 komunitas-guru-belajar-bandung-3