Qlevers kembali ikut serta dalam roadshow acara Pesta Pendidikan 2017, kali ini di Ambon, kota sejuta eksotika. Atau setidaknya, begitulah yang ada dalam benak kami sebelum tiba disana. Keindahan alam, kekayaan budaya, dan luar biasanya keramahan warga seakan mengonfirmasi ekspektasi kami terhadap kota istimewa ini.

“It doesn’t get any better than this, or so we thought.”

Sampai tiba waktunya kami bertatap muka langsung dengan siswa-siswa di Ambon ini. Pukul 7 pagi mereka telah menanti, di satu ruangan di pojok SMA Xaverius yang telah tertata rapi. Masing-masing dari mereka datang dari sekolah maupun daerah yang berbeda. Namun, satu hal yang pasti sama, mereka datang untuk belajar bersama.

Qlevers hadir untuk memenuhi harapan mereka. Sebagai social media, kami ada sebagai wadah berkumpul dan mengumpulkan segala hal baik di tengah keruhnya isi negatif media yang telah ada. Sebagai teman belajar, kami setia menjadi tempat bertanya apa saja, kapan saja, dan di mana saja, juga pasti ada jawabnya.

Proses belajar memang sudah tak seharusnya mengenal batas. Anak-anak ini pun setuju. Pada sesi coba-coba, mereka merasakan betul bahwa dengan teknologi, punya teman belajar dari seluruh Indonesia bukanlah hal yang tak mungkin. Contohnya pada sebuah diskusi nyata kala itu, siswa asyik bercengkerama secara maya, sesederhana hanya karena membahas pertanyaan ‘Apakah benar fisika itu adalah ilmu pasti?’. Beragam tanggapan muncul, masing-masing dengan jawaban yang unik, dan tentunya, menarik. Ambon, Jakarta, Bogor mewakili peserta kelompok diskusi kecil itu. Untuk sesaat itu, jarak antar mereka tak lagi berarti. Semua mudah dengan teknologi.

Hingga waktu berpisah pun tiba, harapan kami semangat luar biasa anak-anak ini untuk terus belajar dan menjadi lebih baik dapat terus bernyala, dan Qlevers akan siap selalu hadir mendampingi mereka.

Kata salah satu dari mereka, “ terimakasih kak, ini sangat membantu kami belajar, semoga bisa makin diperluas lagi.”

Perjalanan kali ini sangat meninggalkan kesan mendalam dan membesarkan semangat kami untuk terus berkarya.

Berkarya melintas batas,
tak hanya di atas kertas.
Berkarya melintas batas,
bercengkerama di ruang bebas.

Terima kasih Kezia, Nandito, Welhelmina, semuanya.. sampai kita bakudapa lagi.

Ambon hebat,

sungguh kami menaruh hormat.

Bersama Qlevers, semua belajar, semua pintar.

qlevers-pekan-ambon-3