Film memang sebagai hiburan, tak sedikit orang yang menonton film hanya sebatas mengisi waktu luang, namun juga banyak yang menjadikan film sebagai pebelajaran. Belajar dari film.

Pada rangkaian Pesta Pendidikan 2017, Sinedu.id kembali mendapat kesempatan berbagi dan belajar bersama guru-guru dan orangtua siswa di Ambon. Setalah sebelumnya kegiatan dilaksanakan di Kota Bandung pada bulan Februari lalu. Ambon punya cerita yang tak kalah seru, kehadiran guru dan orangtua siswa menjadikan semangat untuk terus belajar dan memaknai setiap pembelajaran yang didapat. Bahkan salah satu peserta workshop Indonesia Melek Film oleh Sinedu.id ini berasal dari Kisar. Sebuah pulau kecil di Kabupaten Maluku Barat Daya, yang mana perlu waktu 2 malam untuk sampai di kota Ambon dengan kapal. Mereka hadir mewakili Gerekan Kisar Cerdas.

Workshop Indonesia Melek Film dilaksanakan di SMA Xaverius Ambon dengan dihadiri 30 peserta yang terdiri dari guru, orangtua siswa dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Ambon. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 – 11.00 WIT yang dimulai dengan pemaparan mengenai apa itu Film dan Melek Film, dilanjutkan dengan nonton film Lawuh Boled bersama dan di akhiri dengan diskusi penggunaan modul sebagai media belajar.

Peserta begitu aktif berdiskusi dan juga memberikan pendapat atas pertanyaan dan tanggapan yang tentunya sangat membangun, baik bagi kegiatan maupun Sinedu.id sendiri sebagai sebuah platform digital yang menyediakan film serta modul pembelajaran untuk guru dalam konteks sekolah dan orangtua dalam konteks keluarga.

Melalui film kita tahu, melalui film kita belajar untuk bertindak, melalui film kita belajar bahwa seni punya peranan penting dalam keberhasilan pendidikan.

sinedu-pekan-ambon-6 sinedu-pekan-ambon-5 sinedu-pekan-ambon-2