Pesta Pendidikan (Pekan) 2017 diselenggarakan di Bandung pada 24 – 25 Februari 2017. Dalam kegiatan ini, sekolah GagasCeria, termasuk perpustakaan Elmuloka, ikut berpartisipasi dalam kemeriahan Pameran Publik dan Ngobrol Publik. Sekolah memandang ini sebagai kegiatan positif untuk memperkaya wawasan dan melebarkan jejaring komunitas.

Ngobrol Publik Elmuloka diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 Februari 2017 di Bandung Planning Galery yang bersebelahan dengan Taman Sejarah Bandung. Dalam Ngobrol Publik bersama Elmuloka, topik yang diangkat oleh Ibu Karin Karina selaku pengelola KinaryaGagas & Elmuloka adalah peran perpustakaan dalam sekolah, yaitu sebagai motor penggerak dan jantung kehidupan sekolah serta tempat berkumpulnya berbagai kegiatan komunitas.

Dalam paparannya, Ibu Karin menjelaskan bahwa Elmuloka merupakan perpustakaan sekolah GagasCeria yang kemudian berkembang menjadi perpustakaan umum dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Visi perpustakaan Elmuloka adalah menjadi perpustakaan inovatif yang berkontribusi positif dalam meningkatkan budaya dan minat membaca anak/masyarakat di Bandung khususnya dan Indonesia pada umumnya. Salah satu yang menjadi misi perpustakaan adalah sebagai pusat berkumpulnya kegiatan komunitas. 

Pemaparan tentang visi dan misi perpustakaan kemudian dilanjutkan dengan paparan kegiatan-kegiatan kreatif yang telah dilakukan oleh Elmuloka untuk menjadi perpustakaan yang ‘hidup’. Kegiatan kreatif sengaja dirancang untuk memancing anak maupun masyarakat umum untuk datang ke Elmuloka. Dengan berkegiatan di perpustakaan, diharapkan mereka ini kemudian tertarik untuk melihat-lihat bahkan meminjam buku-buku yang tersedia di perpustakaan. Ini pun sengaja dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa Elmuloka sebagai perpustakaan sekolah tidak melulu koleksinya hanya berupa buku pelajaran seperti perpustakaan sekolah pada umumnya. Berbagai kegiatan kreatif yang telah dilakukan pun menggandeng komunitas kreatif yang banyak berkembang di Bandung dan sekitarnya.  Dengan demikian, setahap demi setahap misi Elmuloka sebagai pusat kegiatan komunitas dapat dicapai.

Setelah sesi sharing Elmuloka, Ibu Karin membuka diskusi dengan peserta Ngobrol Publik. Peserta pada umumnya memiliki latar belakang sebagai pengelola perpustakaan sekolah atau penggerak Taman Bacaan Masyarakat. Sesi diskusi membuat peserta mengenal satu sama lain tentang tata kelola dan permasalahan di perpustakaan masing-masing. Banyak yang terinspirasi dengan kegiatan bermain di perpustakaan melalui permainan boardgame edukatif, yang ternyata bisa digunakan sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Ada pula peserta yang mengundang Elmuloka untuk datang berkunjung ke perpustakaannya yang terletak di pelosok kabupaten Bandung, yang masyarakatnya sangat antusias dengan buku tetapi terkendala dengan sulitnya buku-buku menjangkau wilayah mereka.

Dengan mengikuti Ngobrol Publik, Elmuloka memiliki kesempatan untuk mengenalkan diri kepada publik, mengundang publik untuk berkegiatan di perpustakaan, menambah jejaring dengan komunitas lain, dan menginspirasi publik untuk pengembangan perpustakaan dan pendidikan di area masing-masing. Elmuloka berharap dapat terus memberi kontribusi positif untuk menggerakkan semangat sekolah-sekolah di Bandung khususnya untuk ‘menghidupkan’ perpustakaan di sekolah masing-masing, sehingga minat membaca anak/masyarakat di Bandung meningkat, dan dengan demikian pendidikan juga dapat berkembang lebih baik lagi.

 

Perpustakaan Elmuloka: SD GagasCeria, Jl. Malabar 61, Bandung, tlp. 022-7303086 ext.25, FB: @elmuloka07