Film kartun merupakan film anak-anak. Begitulah yang ada di benak sebagian orang saat ini, nyatanya tidak semua film kartun boleh dikonsumsi oleh anak-anak. Terdapat beberapa film dewasa yang dikomunikasikan dalam bentuk kartun, seperti The Simpson atau Family Guy. Salah kaprah ini merupakan satu dari banyaknya salah kaprah masyarakat Indonesia tentang perfilman. Untuk itulah pada Sabtu 25 Februari 2017, Sinedu ikut berpartisipasi dalam kemeriahan Pesta Pendidikan Bandung dengan mengadakan workshop “Indonesia Melek Film”. Film bukan hanya sekedar hiburan, namun dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif.

Workshop yang bertempat di Balai kota Bandung ini berlangsung dengan sangat menarik. Anggun Piputri, Managing director Sinedu.id, memaparkan fakta-fakta seputar perfilman dan aspek-aspek film yang menjadi acuan untuk dapat mengkritisi sebuah film. Tiga belas orang perserta dengan latar belakang yang bervariasi yaitu guru BK, guru SD, mahasiswa, penikmat film, komunitas film, pelajar SMA, dan orang tua diajak untuk menonton sebuah film berjudul Lawuh Boled. Setelah itu mereka dibagi menjadi dua kelompok untuk mendiskusikan film tersebut dengan menggunakan modul. Dengan berbagai pengalaman dan pandangan yang berbeda, diskusi berlangsung dengan sangat kompleks dan seru.

Modul yang digunakan untuk berdiskusi berisi data tentang film dan panduan pertanyaan sesuai dengan kategori umur. Sinedu.id menyediakan modul di setiap filmnya, sehingga memudahkan guru dan orang tua untuk langsung menggunakannya di kelas ataupun di rumah.

Kembali pada tema Pesta Pendiikan 2017 yaitu Berkarya Melintasi Batas, Sinedu.id percaya bahwa film dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang melunturkan batas-batas tembok sekolah. Pun sebaliknya, dunia perfilman pun dapat memberikan kontribusi untuk pendidikan di Indonesia. Semangat kolaborasi barengan di Pesta Pendidikan berhasil tersampaikan dengan tulus, terbukti dengan keinginan salah satu peserta yang berasal dari komunitas film untuk mendonasikan karya filmya untuk pendidikan melalui Sinedu.id.

Pesta Pendidikan Bandung, merupakan pembukaan rangkaian roadshow Pesta Pendidikan 2017. Semoga semakin banyak masyarakan Indonesia Melek Film dan dapat Berkarya Melewati Batas!

sinedu-pekan-bandung-4 sinedu-pekan-bandung-1