Pesta Pendidikan 2016, festival publik yang digerakkan oleh sukarelawan dari berbagai profesi sebagai bagian dari komunitas pendidikan yang bertujuan menginspirasi setiap orang untuk terus belajar juga mengajar dengan cara serta karyanya masing-masing, memasuki puncak acaranya. Minggu, 29 Mei 2016, pukul 10.00-10.45 WIB di fX Sudirman Jakarta, Eat &Eat VIP 3 F5, sebagai bagian dari rangkaian acara puncak, aplikasi kesehatan ProSehat  menyelenggarakan bincang-bincang dengan tema “Menjadi Ibu Pintar, Capai Kehamilan Optimal.”

Dr. Gregorius Bimantoro atau biasa dipanggil dr. Bimo selaku founder ProSehat membuka acara dengan memperkenalkan aplikasi ProSehat, yang dapat diunduh melalui ponsel pintar berbasis Android. Aplikasi ini awalnya dibuat karena melihat kebutuhan, di mana jumlah dokter di Indonesia yang hanya 1 : 2.500 orang. Indonesia juga berbentuk kepulauan sehingga masih banyak daerah-daerah yang sulit dijangkau, bahkan tidak bisa mendapatkan akses pengetahuan maupun tenaga kesehatan yang memadai.

ProSehat memiliki sekian dokter yang siap menjawab pertanyaan secara daring (online) sehingga pasien dapat berkonsultasi langsung, kapan dan di mana pun. Aplikasi ini juga menyediakan jasa penjualan obat. Pasien bahkan dapat mengirimkan foto resepnya untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan. Info mengenai obat juga artikel kesehatan yang ditulis oleh dokter juga dapat diakses melalui aplikasi ini. Aplikasi ProSehat juga akan meluncurkan program “Berbagi ProSehat, Berlipat Rahmat” yang menawarkan keuntungan tersendiri bagi mereka yang mereferensikan aplikasi tersebut untuk digunakan oleh orang lain.

ibu hamilibu hamil 2

Perbincangan pada puncak Pesta Pendidikan kali ini, dr. Bram Pradipta sebagai narasumber utama, berbagi pengetahuan mengenai cara mencapai kehamilan yang optimal dengan pemenuhan nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Dengan moderator dr. Leonita Hartanti, perbincangan berlangsung hangat dan serius. Dr. Bram menekankan bagaimana bayi, anak-anak, merupakan generasi penerus pemikul masa depan bangsa, karenanya sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan nutrisi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan.

Pemenuhan berat badan normal ibu hamil adalah salah satu hal utama yang perlu diperhatikan sebab hal ini dapat memengaruhi kelancaran kehamilan sampai proses kelahiran, juga kesehatan dan berat badan bayi. Dr. Bram menjelaskan bahwa berat badan bayi saat lahir ternyata memengaruhi kesehatannya sampai dewasa.

ibu hamil 4

Asam folat dan kalsium merupakan contoh nutrisi yang penting untuk dipenuhi oleh ibu hamil. Kekurangan maupun kelebihannya dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Misalnya, kalsium yang cukup dapat mencegah hipertensi dan preeklampsia, namun kelebihan kalsium dapat juga  menghambat penyerapan zinc dan besi shingga menimbulkan batu ginjal. Karena itu, penting untuk mengetahui sumber makanan apa yang mengandung kalsium atau yang menghambat penyerapannya, seperti kafein.

Terdapat ukuran-ukuran nutrisi, baik berupa kalori, protein, karbohidrat, lemak, serat, dan sebagainya yang harus dipenuhi oleh ibu, sebelum (prekonsepsi) maupun selama kehamilan, agar mencapai kehamilan yang sehat. Sumber alami tentu lebih baik, namun jika diperlukan, suplemen juga dapat ditambahkan agar nutrisi tersebut dapat terpenuhi, tentu saja dengan memperhatikan kandungannya agar tidak membahayakan janin.

Begitu pula dengan penggunaan obat-obatan. Ibu hamil perlu memperhatikan obat apa saja yang boleh dan tidak boleh diminum saat hamil. Salah satu jenis obat yang berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan gagal jantung pada bayi, yaitu ibuprofen. Tidak semua vaksinasi untuk ibu hamil diperbolehkan atau dilarang, periksa terlebih dahulu sebelum memutuskan. Mengurangi stres juga menjadi salah satu tip yang diberikan oleh dr. Bram untuk menghasilkan ibu dan bayi yang sehat.

Bagaimana dengan mitos bahwa “ibu hamil makan untuk dua orang?” Dr. Bram menyatakan bahwa bukan porsi yang menjadi dua kali lipat, melainkan jumlah nutrisi yang diperlukan yang dipenuhi agar mencukupi untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Makan sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan nutrisi justru dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti kelebihan berat badan, sementara berat bayi tidak bertambah. Bagi ibu hamil, lebih dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering daripada makan sekali banyak, bahkan berlebihan pada waktu makan.

Acara ditutup dengan pembacaan puisi tentang wanita oleh delapan orang dari Komunitas PEDAS (Penulis dan Sastra). [aca]