Inisiatif Keren, Pemkot Bekasi Kolaborasi Dukung Guru Belajar

Bantu Guru Belajar Lagi adalah sebuah inisiatif publik pendidikan berdaya yang menghimpun dukungan masyarakat untuk membantu menyediakan program pengembangan guru berkualitas. Diinisiasi pada Mei 2017 oleh Tulus dan Sumur Batu Project, Bantu Guru Belajar Lagi bekerja sama dengan Kampus Guru Cikal memberikan pelatihan dan pendampingan bagi 50 guru di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Proyek yang direncanakan selama lima tahun ini bertujuan menumbuhkan kemerdekaan belajar guru dan siswa yang kelak berdampak pada peningkatan literasi siswa. Pengumpulan donasi tahap pertama yang dijalankan dari Mei hingga Juli lalu berhasil menghimpun lebih dari 250 pihak, baik pribadi maupun institusi, yang dapat mendukung program ini untuk dua tahun ke depan.

Melalui sesi Janji Publik pada Festival Publik Pesta Pendidikan di Jakarta pada 21 Mei 2017, Bantu Guru Belajar Lagi berkesempatan membuka kolaborasi yang lebih luas untuk menjalankan programnya dengan pemangku kepentingan yang lebih kuat dan lebih luas, yaitu Wardah mewakili korporasi, Dinas Pendidikan Kota Bekasi mewakili pemerintah, dan Detik.com mewakili media.

Legitimasi dari pemerintah, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Bekasi, bahwa program ini menjadi bagian dari program pemerintah setempat menjadi sangat berarti bagi perjalanan Bantu Guru Belajar Lagi. Di sisi lain, partisipasi publik yang membantu guru juga sangat bernilai bagi pemerintah. Kolaborasi ini menciptakan hubungan timbal balik yang saling melengkapi.

bgbl-2

Najelaa Shihab, inisiator Kampus Guru Cikal, bercerita tentang Guru Merdeka Belajar kepada guru-guru calon peserta Program Bantu Guru Belajar Lagi.

Kolaborasi ini juga menjadi kesempatan belajar bagi Dinas Pendidikan Kota Bekasi dan Bantu Guru Belajar Lagi untuk dapat meningkatkan manfaat program bagi sasaran yang lebih luas. Pesta Pendidikan mendapatkan pesan ini dari hasil wawancara bersama Bapak Krisman Irwandi, S.E., M.Si. selaku Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Berikut adalah hasil wawancara dengan Bapak Krisman Irwandi tentang Program Bantu Guru Belajar Lagi.

bgbl-1

Krisman Irwandi (tengah), Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Bekasi, saat membuka Program Bantu Guru Belajar Lagi di SDN Sumur Batu 01.

Menurut Bapak, apa peran guru dalam pendidikan?

Guru memegang peranan penting dalam suatu sekolah karena guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan setiap jenjang.

Apa yang dibutuhkan guru-guru di sekolah saat ini, khususnya guru-guru di Kota Bekasi?

Guru-guru di Kota Bekasi membutuhan peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan workshop, khususnya terkait kemampuan pedagogi sesuai standar kualitas guru yang diharapkan.

Guru-guru pun perlu dipacu semangatnya untuk mau terus berlatih dan belajar karena peningkatan kualitas pengajaran akan terjadi jika guru mau terus belajar.

Bagaimana Dinas Pendidikan Kota Bekasi memandang kerja sama dengan Program Bantu Guru Belajar Lagi?

Pemerintah Kota Bekasi sangat mengapresiasi kerja sama dengan Program Bantu Guru Belajar Lagi karena menambah ruang kolaborasi kreativitas antarguru untuk menciptakan metode mengajar siswa yang happy learning.

Dengan banyaknya tanggung jawab yang diampu oleh Dinas Pendidikan, kami sangat mengapresiasi inisiatif semacam ini. Butuh lebih banyak lagi inisiatif seperti ini karena dukungan masyarakat untuk program-program pemerintah, khususnya pendidikan, pasti akan memberikan hasil yang lebih maksimal untuk pembangunan. Dengan adanya kerja sama seperti ini pun, pemerintah dan masyarakat bisa sama-sama belajar untuk menciptakan program-program yang lebih bermanfaat.

Apa harapan Bapak untuk para guru di Sumur Batu yang dapat memanfaatkan kesempatan belajar dari Program Bantu Guru Belajar Lagi?

Saya berharap para guru dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan sebaik-baiknya. Bapak dan ibu guru dapat mengikuti setiap kelas yang diberikan dan menjadi guru yang merdeka, seperti yang dicita-citakan program ini. Guru-guru bisa mendapatkan penyegaran sehingga kualitas mengajarnya pun menjadi lebih menyenangkan bagi para siswa.

Email: bantugurubelajarlagi@gmail.com
Instagram: @bantugurubelajarlagi
Situs web: kitabisa.com/bantugurubelajarlagi