3CM (Children Care Community Makassar) adalah salah satu komunitas sosial di Kota Makassar. secara jelas, 3CM terdiri dari kumpulan orang-orang yang memiliki kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi terutama erhadap anak. 3CM terbentuk tanggal 22 Mei 2016, launching kepada masyarakat dan pemerintah sekalian melalukan kegiatan” Gerakan 1000 tanda tangan Peduli Anak Indonesia” di pantai losari. adapuun visi-misi 3CM yakni :
Visi : menjadi komunitas yang berjiwa cendekia, kreatif, lokal, dan humanis, sebagai pengabdian agar terpenuhinya hak-hak anak sebagai tunas bangsa indonesia.
Misi : 1.meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan bagi semua anak di Kota Makassar dan sekitarnya. 2. meningkatkan mutu layanan bantuan perlindungan hak anak di kota Makassar da sekitarnya. 3. meningkatkan pemahaman dan peran serta masyarakat dalam perlindungan anak di Kota Makassar dan sekitarnya. 4. sebagai komunitas peduli anak yang dapat menginspirasi bagi masyarakat di kota Makassar dan sekitarnya.
adapun bidang kegiatan dari 3CM yakni pendidikan, perlindungan, dan menjadi inspirator bagi masyarakat dalam pemenuhan hak anak.
Kegiatan 3CM : 1. Panti Binaan di panti asuhan Al-Muallaf Makassar (mengajar anak panti dan membantu memenuhi kebtuhan panti asuhan). 2. 3CM in antion (memperkenalkan masyarakat mengenai 3CM dan mdi center bagi masyarakat untuk berkomunikasi tentang masalah anak kepada 3CM). 3. Campaign on the street (kampanye maalam minggu sehat kepada anak remaja di traffic light. dalam hal ”satnight without SAD (SEX,ALCOHOL, and DRUGS). 4. Kolaborasi dengan YNVAC dan Unicef dalam pencegahan kekerasan anak di Makassar. . kolaborasi dengan BNN Sul-Sel dalam memberikan upaya preventif dan penyembuhan masalahh narkoba pada anak. 6. Creativ Social Media Campaign yakni kampanye perlindungan anak di media sosial. 7. penyusunan materi pendidikan seksual pada anak, dan masih banyak lagi.
Pengurus terdiri dari Dewan Pembina, Penasehat, Presiden Komunitas dan wakil, sekretarisdan wakil, bendahara dan wakil, Departemen Pendidikan, Departemen komunikasi dan informasi, Departemen Sosial dan Masyarakat, Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (yang masing-masing trdiri dari menteri, wakil, dan staff).
3CM memiliki volunter yang disebut dengan Pendekar Anak Makassar, yang sudah memasuki Generasi 2.

Website:  3cmmakassar.blogspot.com

Facebook:  children care community makassar

Instagram:  3cm.makassar