#PendidikanAdalahTanggungJawabKita
Pendidikan adalah tanggung jawab kita. Kenapa kita? Bukannya itu tanggung jawab Pemerintah? Bahwa setiap orang akan berpikir bahwa pendidikan secara menyeluruh merupakan tanggung jawab pemerintah. Jika kita bertanya pada siswa, maka siswa akan menjawab Pendidikan adalah tanggung jawab Guru, lantas dengan begitu siswa juga tidak turut andil dalam pendidikan? Kalau pendapat ayah dan ibu pasti dijawab dengan “Pendidikan adalah tanggung jawab orang tua di rumah”.

Ingat pendidikan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah, guru, orang tua, ataupun siswa. Tapi pendidikan adalah tanggung jawab semua, seperti Slogan Semua Murid Semua Guru, Pendidikan Adalah Tanggung Jawab Kita.

MENGAPA DEMIKIAN?
Pendidikan adalah hak setiap warga negara. Setiap warga negara, apapun profesinya kita punya tanggung jawab terhadap pendidikan. Seperti pemilihan nama Semua Murid Semua Guru bahwa tidak ada batasan dalam pendidikan. Najelaa Shihab dalam wawancaranya di Pesta Pendidikan pada 26 April 2018 mengatakan Masing-masing dari kita adalah subjek dan sekaligus objek pendidikan. Begitu banyak kegagalan paham yang bisa kita atasi dengan kegemaran belajar karena kita SEMUA MURID. Begitu banyak peran yang bisa kita ambil dan teladan yang bisa kita lakukan karena kita SEMUA GURU.
Pendidikan adalah cerminan sebuah bangsa. Ingat bahwa #PendidikanAdalahTanggungTawabKita, maka dari itu yuk bersama-sama kita #KerjaBarengan untuk menciptakan Pendidikan yang berkualitas untuk bangsa kita.
“BELAJAR, BERGERAK, BERMAKNA”