Semua murid semua guru ada tema Pesta Pendidikan 2016. Pesta Pendidikan merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan kolaborasi antar-pihak, baik di bidang pendidikan dan nonpendidikan dalam rangka merayakan Hari Pendidikan dan Kebangkitan Nasional. Selama satu bulan penuh, Pesta Pendidikan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan di seluruh Indonesia, yang dimulai dengan peluncuran buku “Belajar dari Ki Hadjar” dan “Budi Dr. Soetomo” sekaligus penyalaan pelita Monas pada Minggu kemarin (01/05/2016).

Acara tersebut berlangsung khidmat. Dibuka dengan MC dua orang anak dari SD Cikal, Baja dan Belva, lalu hiburan instrumen musik serta menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama yang dipimpin oleh penyanyi Bonita. Dari balik tirai, monolog buku “Belajar dari Ki Hadjar” dan “Budi Dr. Soetomo” pun dimulai. Bapak Anies Baswedan yang berperan sebagai Dr. Soetomo dan Reza Rahardian sebagai Ki Hadjar Dewantara yang kemudian muncul begitu tirai dibuka berhasil membawakan monolog dari kedua buku itu. Antusiasme juga terlihat dari kehadiran tamu undangan berbagai elemen masyarakat, baik dari komunitas, pemerintah, maupun masyarakat yang tengah mengunjungi Museum Sejarah Monas.

851423672_26852

Dengan penyalaan pelita Monas yang bertuliskan logo Pesta Pendidikan serta “Semua Murid Semua Guru menandai dimulainya Pesta Pendidikan sepanjang bulan Mei ini. Berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh berbagai komunitas dan organisasi selama Pesta Pendidikan ini adalah wujud kolaborasi untuk terus bergerak, belajar, dan memberikan makna untuk memajukan pendidikan Indonesia. Jangan lewatkan berbagai acara menarik yang telah dipersiapkan oleh semua yang terlibat dalam Pesta Pendidikan di sini.

Foto oleh: Zoel Cholid