1⃣ DEFINISI
Komunitas “Home Education based on Akhlaq and Talents” (HEbAT) adalah grup diskusi dan berbagi mulai dari konsep pendidikan berbasis akhlaq dan potensi (fitrah), sampai kepada praktik dan menjalin kerjasama jaringan di lapangan. Kekuatan konsep pendidikan berbasis potensi ini ada pada keluarga dan jaringan komunitas, baik untuk pemagangan, keteladanan maupun kemandirian.

2⃣ MISI
*”Membangkitkan peran keluarga dan komunitas dalam menumbuhkan dan merawat fitrah generasi peradaban Islam, serta mengantarkan generasi peradaban kepada peran peran peradaban terbaik dengan adab/akhlaq mulia”*

3⃣ VISI
1. Dalam jangka waktu 24 bulan atau 2 tahun, diharapkan sudah ada 2500 orangtua yang telah  menyadari pentingnya peran ayah-bunda dalam pendidikan anak; sehingga pola asuh yang diterapkan kepada anak anaknya sesuai dengan fitrah mereka.

2. Dalam jangka waktu 5 tahun, diharapkan telah tercipta sinergi antara peran orang tua dan peran komunitas–dengan melibatkan diri dalam gerakan Pendidikan Berbasis Fitrah, melalui pelaksanaan kegiatan berbasis komunitas (CBE*) dan berbasis bisnis (CBB**). Diharapkan dalam jangka waktu ini pula telah terbentuk 10 CBE dan 5 CBB di seluruh Indonesia.

3. Dalam jangka 25 tahun, diharapkan telah terwujud peradaban Islam dengan generasi terbaik yang berperan sesuai misi spesifiknya sebagai rahmatan lil ‘alamin.

4⃣ NILAI DASAR
*Harmoni*;  dapat bermakna Rahmatan lil ‘alamin
*Empati*;  terhadap diri, keluarga & lingkungannya
*Berani*; bergerak/mengambil sikap selangkah di depan
*Adab Islami*;  bersikap/berakhlaq mulia
*Terintegrasi*; dalam shof/barisan yang rapi dan kuat
🔸baca: HEBAT 5i🔸

5⃣ GOAL/TUJUAN
Mengembalikan peran orangtua sebagaimana mestinya (sebagai pendidik utama dan pertama di rumah), dengan mengoptimalkan semua potensi fitrahnya (inside out).

6⃣ STRATEGI
Melalui sarana online maupun offline, kader kader memberikan penyadaran kepada orangtua dan calon orangtua, mengenai pentingnya menjadi orangtua sebagaimana mestinya dengan mengoptimalkan seluruh potensi fitrah anak anaknya.

7⃣ PROGRAM INTI

*CBE*
1. Kelompok usia di bawah 7 tahun (Belajar Bersama Alam, mengenal kearifan lokal, Bahasa Ibu)
2. Kelompok usia 7-12 tahun (Project-based Learning, ekpedisi, riset)
3. Kelompok usia 11-17 tahun (talent development , pemagangan, sertifikasi dll.)
4. Program/kegiatan CBE for Parents (fatherhood forum, Kuliah FBE series, workshop dll.)

*CBB*
Merancang dan membangun unit usaha bersama, sebagai bentuk dukungan operasional untuk kegiatan komunitas.

📝 Keterangan:
*CBE = Community Based Education
**CBB = Community Based Business

8⃣ PERAN PEMBERDAYAAN
HEbAT Community bersedia berperan sebagai influencer/katalisator bagi upaya pemberadaban anak bangsa melalui pendidikan berbasis rumah–dengan memfasilitasi elemen berbasis komunitas manapun (Posyandu, PKK dsb.), untuk mengembangkan pendidikan berbasis rumah; baik melalui konsep, program, pembelajaran maupun SDM.

Website:  hebatcommunity.org

Facebook:  HEbAT Community