Komunitas Jelajah Buku adalah Komunitas non profit yang dibentuk pada tanggal 14 Februari 2016 dengan tujuan untuk membantu meningkatkan minat baca dan belajar anak-anak terutama kaum marginal, melalui penyediaan buku-buku berkualitas dan beragam aktivitas positif lainnya.

Jejaku memiliki 3 program utama yaitu yaitu Jejaku Berbagi, Jejaku Ceria dan Jejaku Membaca.

Jejaku Berbagi merupakan program donasi buku kepada rumah baca atau taman baca atau lainnya yang membutuhkan buku. Jumlah yang didonasikan rata-rata 100 buah buku. Untuk saat ini Jejaku Berbagi telah dilakukan di 22 tempat, antara lain di Ternate, Bangka, Serpong, Pekanbaru, Bogor, Rawamangun, Trenggalek Lampung Selatan, Depok, Wamena, Sukabumi, Purwakarta, Lampung, Tangerang, Asahan Sumatera Utara, Jember, Malang, Batu Bara Sumatera Utara, Pasaman Barat, Kupang dan Gresik.

Kedua, Jejaku Ceria merupakan program  yang dirancang untuk berbagi keceriaan dengan adik-adik di tempat-tempat yang direferensikan. Jejaku Ceria mencakup dongeng, menggambar, mewarnai, membuat prakarya sederhana, games dan bermain angklung karena kami juga memiliki angklung sekitar 50 buah.Saat ini Jejaku Ceria telah dilakukan di 2 tempat yaitu Perpus Serpong (Jendela Jakarta) dan Depok (Sekolah Gratis Master Indonesia).

Terakhir, Jejaku Membaca adalah program turun ke lapangan di tempat-tempat umum untuk menyebarkan virus membaca dengan menyediakan beraneka ragam buku anak-anak dan umum untuk dibaca gratis di tempat. Rencananya kami akan membuat rak buku keliling yang unik dan mungkin menjadi salah satu ciri khas jejaku.

Twitter:  @jelajahbukuid

Facebook:  komunitasjelajahbuku

Youtube:  Komunitas Jelajah Buku

Instagram: @komunitas.jelajah.buku